Apa Saja Tipe Flow Meter menurut Cara Kerjanya

Pemilihan berasal dari jenis dan juga jenis flow mtr. biasanya sesuai dengan jenis fluida yang dapat diukur, suasana lingkungan,

besarnya aliran dan juga yang paling mutlak adlah tingkat akurasi berasal dari pembacaan flow meter. Berikut jenis dan jenis flow mtr. menurut langkah kerjanya :

Ultrasonic Flow Meter

Ultrasonic flow mtr. merupakan alat mtr. dengan langkah kerja mengukur selisih saat transit (differential transit time), dengan mengukur saat transit pulsa suara terhadap frekuensi yang tinggi (high-frequency sound pulses) yang melintas terhadap pipa beraliran fluida.

Waktu transit adalah saat yang diperlukan pulsa suara yang melintasi pipa dalam dua arah, yakni Sejalan dan berlawanan arah dengan arah aliran.

Selisih saat pada keduanya selanjutnya seimbang dengan umumnya kecepatan alir cairan.  Karena pengukuran aliran berdasarkan saat transit, maka metode ini disebut terhitung dengan ultrasonic transit time flow meter solar.

Ultrasonic flowmeter adalah sebuah alat yang diperlukan untuk mengukur kecepatan aliran, volume, aliran jaman berasal dari cairan atau gas dengan karakteristik gampang dipindah-pindah, agar populer dengan sebutan Portable Ultrasonic flow meter.

Ultrasonic flow mtr. sejauh ini dibikin dalam segala jenis dan range aplikasi berasal dari transmit saat atau Doppler sebagi aliran dasar atau aliran fluid, rendahnya anemometer untuk menggambarkan mahalnya gas alam sebagai aplikasi transfer tahanan.

Harga untuk sebuah ultrasonic flow mtr. sanggup berkisar pada USD 25 hingga USD 150.000 tergantung terhadap aplikasinya dan terhitung ada yang hand held ultrasonic flow meter.

Sebuah Ultrasonic flow mtr. dapat dikategorikan kedalam jenis Doppler (yang mana digunakan untuk menggeser prinsip Doppler). Atau peralatan pemindahan saat yang bersifat mengukur selisih waktu.Perbedaan ini kemungkinan udah mempunyai alasan yang cukup simpel untuk mengklasifikasikan ultrasonic dengan gampang dalam industri. Dalam perihal ini Doppler flow mtr. yang mana terdapat Doppler shift yang diukur dengan menggunakan gelombang continue terhadap frekuensi yang selamanya atau variasi layaknya pergantian yang berjalan dalam Doppler shift yang diukur dengan menggunakan getaran.

Pada Ultrasonic flow mtr. Transmisi berasal dari gelombang yang lewat sensor secara tidak segera terkait dengan fluida dinamakan non contact type. Beberapa informasi mengklasifikasikan jenis yang baru sebagai “phase shift” dan dibandingkan dengan jenis lama dilihat terhadap starting mtr. menggunakan “transit time“ dan yang lainnya menggunakan “Correlation transit time“

Sekarang dibikin kombinasi pada ke dua transit tadi dengan teknologi ultrasound, perihal ini sangat mungkin untuk mengerti secara pas seberapa banyak manfaat dan kalkulasi berasal dari teknik yang aktual.

Dan langkah pengoprasiannya terhitung cukup simpel tinggal diikat ke pipa yang dapat diukur flownya. Sedangkan untuk keluaran berasal dari flow mtr. sanggup cuma dibaca terhadap display dan terhitung ada yang ditambah dengan printer agar hasil pengukuran sanggup segera disimpan bersifat hard copy dan ada terhitung hasil pengukuran disimpan terhadap memory card bersifat soft copy yang sanggup segera dibaca oleh pc dengan menggunakan card reader.

Glass Tube Flow Meter

Glass tube flow mtr. terhadap dasarnya merupakan jenis variable daerah flow mtr. atau rotameter yang di mana langkah kerjanya tergantung terhadap luasan penampang tube, Pada aplikasinya material berasal dari jenis flow mtr. ini ada sebagian jenis berasal dari material stainless steel, pvc, teflon hingga alumunium.

Glass tube flow mtr. banyak digunakan untuk aplikasi pemasangan dengan sistem vertikal dan besaran flow rate sanggup segera di baca. Biasanya menggunakan tabung kaca yang mana bahan berasal dari kaca cukup baik yakni pyrex glass. Jenis Glass tube flow mtr. ini banyak digunakan disaat installasi pipa cairan tidak mempunyai daerah horisontal yang  agar tidak amat memerlukan daerah yang luas.

Untuk aplikasinya, Glass tube flow mtr. cuma maksimal terhadap temperature 120 derajat celcius. Sedangkan pressure maksimal terhadap jenis ini tidak amat tinggi cuma terhadap kisaran 10 bar, Jenis Glass tube flow mtr. ini cuma ada untuk fluida bersifat  untuk jenis liquid dan gas. Ketika kita dambakan untuk pressure working yang lebih tinggi, di kisaran hingga 60 bar sanggup digunakan jenis metal tube flow meter.

Akurasi berasal dari flowmeter glass tube biasanya tidak begitu presisi dan maksimal kapasitas flow rate terbatas terhadap ukuran tabung DN100. Untuk koneksinya sendiri biasanya hnaya ada 3 yakni menggunakan ulir, flange dan triclap.