Apa itu Tambang Rakyat? Begini Penjelasannya

Pernah mendengar berkenaan tambang emas rakyat? Tambang model ini sebenarnya, nampak berasal dari kekhawatiran tentang tingginya kadar mineral dan logam mulia yang ada di Indonesia. Selain itu,  peningkatan sektor pertambangan terhitung menjadi alasannya.

Hal ini lantas mengutarakan fakta menarik, bahwa ternyata hasil berasal dari kekayaan berikut lebih cenderung dikelola oleh perusahaan besar, daripada masyarakat kurang lebih di area terkait.

Di samping itu, ternyata masyarakat terhitung sering lakukan aktifitas penambangan tanpa izin. Hal ini menghidupkan efek keselamatan dan perusakan alam, gara-gara tidak adanya prosedur penambangan yang digunakan.

Mungkin sampai selagi ini, bahasan berkenaan pertambangan rakyat belum banyak digaungkan. Masyarakat Indonesia tetap lebih familiar bersama penambangan yang illegal dan tanpa izin.

Apa itu Tambang Rakyat?

Di Indonesia secara lazim kami mengenal ada dua model aktifitas penambangan, yaitu legal dan illegal. Pertambangan illegal ini sering dilakukan oleh masyarakat, bersama metode-metode tradisional dan alat seadanya.

Ternyata aktifitas penambangan legal yang mendominasi, dan tabiat illegal masyarakat yang membahayakan, menghidupkan sebuah alternatif baru di dalam sektor tambang. Hal ini menciptakan pertambangan rakyat.

Ide berasal dari sistem tambang model ini adalah mengimbuhkan pengelolaan wilayah penambangan kepada masyarakat.

Sehingga nantinya masyarakat dapat memaksimalkan sumber daya alam yang tersedia, tanpa perlu lakukan aktifitas penambangan yang illegal dan berbahaya. Singkatnya, tambang emas rakyat ini dikelola oleh rakyat, dan nanti hasilnya akan dimiliki oleh rayat.

Apa yang Harus Diperhatikan Dari Kegiatan di Tambang Emas Rakyat?

Dalam mobilisasi penambangan model ini ada lebih dari satu perihal yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah berkenaan ketersediaan sumber daya manusia yang mumpuni. Ada banyak catatan yang perlu dikuasai, sehingga nantinya pelaksanaan kerja tidak membahayakan diri sendiri dan tidak mencemari lingkungan.

Pesan truk mu disini: jual dump truck.

Terlebih penambangan logam bumi seperti emas nantinya akan mengakibatkan zat-zat berbahaya, seperti merkuri. Selain itu, medan bekerjanya terhitung berat sehingga berbahaya. Oleh gara-gara itu, perlu sumber daya yang baik, untuk lakukan pengelolaan, sehingga pekerja maupun hasil kerjanya dapat dimaksimalkan.

Kedua, perlu memerhatikan sumber pendanaan dan sponsor yang masuk. Dalam perihal membangun sebuah pertambangan, sudah pasti butuh dana yang kuat. Pada tahapan inilah biasanya banyak investor yang menawarkan diri untuk bergabung. Dalam mengambil keputusan sumber dana ini, Anda perlu bijak dan benar-benar teliti. Jangan sampai tambang ini beralih menjadi tambang emas milik perusahaan lain.

Terakhir, perlu pengawasan pemerintah. Adanya izin dan pengawasan berasal dari pemerintah merupakan perbedaan pada penambang illegal daan pertambangan rakyat. Pemerintah perlu ikut serta di dalam perlindungan izin dan wilayah penambangan emas yang dilakukan

Hal ini untuk mengimbuhkan area pengawasan dan pertanggungjawaban. Jangan sampai penambangan rakyat bersembunyi berasal dari pemerintah, gara-gara akan menyebabkan Anda menjadi penambang illegal.

Dengan adanya persetujuan pemerintah, maka akan ada sistem audit dan evaluasi kegiatan pertambangan. Hal ini untuk memastikan bahwa kegiatan pertambangan telah dilakukan cocok bersama AMDAL, lantas SOP keselamatan kerja, sampai jaminan kesehatan.